Thursday, March 8, 2012

Tips kesehatan menghilangkan bakteri dari mulut

Salah satu jenis bakteri


Menurut dokter kesehatan gigi, di dalam mulut kita ini terdapat 700 lebih bakteri berkoloni yang terkadang tidak kita sadari, berikut ini adalah tips yang perlu anda ketahui untuk membersihkan koloni bakteri tersebut. 
 
Pertama : Gunakan minyak zaitun pada masakan demi menguatkan gigi.

University of Madrid menemukan adanya oeluropein di dalam minyak zaitun. Ini adalah zat yang dapat mencegah penumpukan bakteri gram negative pada permukaan gigi. Bakteri ini adalah penyebab penyakit gusi serta membuat gigi jadi mudah rapuh. Plus molekul-molekul lemak yang ada di dalam minyak zaitun akan memperlambat proses pembentukan plak. Jadi, jangan lupa untuk menuang minyak zaitun pada salad atau ketika menumis sayuran agar gigi kuat dan perut tetap rata.

Kedua : Disiplinlah membersihkan gigi.

Jangan lupa untuk menyikat gigi setiap kali habis sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Percayalah segala sesuatu yangn dilakukan dengan displin atau secara rutin, pasti memberikan perubahan yang berarti. Ingat juga bahwa menyikat gigi sebelum tidur sangat penting dilakukan, karena bakteri berkembang dua kali lebih banyak di saat Anda tertidur ketimbang saat beraktivitas di siang hari. Pilihlah Pepsodent Herbal untuk perlindungan gigi menggunakan bahan alami seperti garam, ekstrak jeruk nipis, dan daun sirih yang terbukti secara klinis menghalau hadirnya bakteri dalam mulut.

Ketiga : Taburkan seledri ke dalam sup hangat.

Seledri tak hanya bisa membuat sup jadi lebih gurih tapi teksturnya yang sulit dikunyah memicu produksi saliva. Produksi saliva atau air liur yang banyak akan membuat mulut melakukan netralisir bakteri secara alami. Bonusnya, tekstur kasar seledri juga dapat diibaratkan pijatan alami pada gusi. Pijatan yang akan membersihkan permukaan gigi dari plak! Selain seledri, manfaat yang sama juga bisa Anda nikmati dari wortel. Jadi, usahakan konsumsi segenggam selederi dengan ditabur dalam sup atau camil sebuah wortel setiap harinya.

Keempat : Segelas air putih untuk menghapus dahaga dan bakteri.

Selain kondisi mulut yang asam, bakteri juga suka keadaan mulut yang kering. Masalah mulut kering biasanya banyak dialami oleh perempuan yang memasuki usia 50 tahun karena mengalami penurunan produksi saliva. Padahal kita membutuhkan saliva untuk menghancurkan bakteri, menetralisir asam, plus menguatkan tulang-tulang gigi karena saliva kaya akan mineral. Untuk itu, pastikan Anda menikmati 8 gelas air putih setiap hari. Cobalah untuk minum segelas air setiap 2-3 jam sekali agar proses penghapusan bakteri bisa berjalan dengan teratur.

Sumber : tanyapepsodent

0 comments:

Post a Comment