Tuesday, March 20, 2012

Cara Membuat Blog Atau Website Menjadi Mobile Blog


Sekarang ini banyak sekali fasilitas untuk mengakses internet. Salah satunya adalah melalui telepon seluler.Banyak operator telepon selular yang mempromosikan tarif internet yang sangat murah. Sehingga Akses internet melalui ponsel merupakan hal yang sangat mudah dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Dengan banyaknya pengguna internet melalui web seluler, maka semakin besar pula kemungkinan seseorang membuka alamat website atau blog. Disini bisa kita lihat peluang besar bagi pemilik blog atau web untuk mempromosikan blognya agar banyak pengunjung yang datang melalui mobile blog.

Dari beberapa segi memang terdapat perbedaan antara blog normal dengan mobile blog, diantaranya didalam mobile blog ukuran screen juga lebih kecil,ukuran gambar juga menjadi lebih kecil bahkan kadang tidak ada, plugins dan widget mungkin tidak bisa tampil, untuk kecepatan loading akan lebih cepat daripada blog normal karena ukurannya yang lebih simple dan kecil.

Bagi sobat yang tertarik,saya rasa tidak usah membuat lagi mobile blog, tetapi blog atau website yang sudah ada saja dikonversi menjadi mobile blog. Ada beberapa tools yang bisa mengkonversi blog normal menjadi mobile blog. Ada yang gratis dan pasti juga ada yang berbayar. Untuk tools yang gratis, berikut ini mungkin sobat tertarik untuk mencobanya :


http://mobify.me/
http://www.wirenode.com/
http://www.onbile.com/
http://mippin.com/web/maker/mobilize.jsp (support admob)

Untuk bisa mencobanya, otomatis shobat harus daftar dulu. Untuk daftarnya juga gratis. Dan setelah diconvert shobat akan mempunyai domain sesuai tools diatas. Misalnya http://mippin.com/kimzaqi .



Cara lain yang lebih mudah lagi adalah dengan menggunakan tools visualize mobile site.Silahkan mencobanya :

http://www.google.com/gwt/n
http://www.feedm8.com/web/ 
http://mowser.com/
http://www.webtosmartphone.com/index-already-lp.php
http://www.bravenewcode.com/products/wptouch-pro/
http://padpressed.com/
http://bloggertouch.sopili.net/


Setelah membuka dengan tools diatas, alamat url yang tampil akan panjang, semisal http://www.google.com/gwt/x?u=http%3A%2F%2Frahmabasel.blogspot.com&btnGo=Buka&source=wax&ie=UTF-8&oe=UTF-8 jadikan lebih singkat dengan url shortener, seperti http://bit.ly , http://tiniurl.net , http://goo.gl dan lain sebagainya

Setelah mempunyai url atau alamat mobile blog mobile site, sebaiknya didaftarkan pada situs directory mobile site, misalnya http://www.w3moz.com , http://click4wap.com

Selamat Sobat sekarang sudah memiliki Mobil site atau Mobile Blog sendiri.

Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment