Wednesday, March 21, 2012

Tips kesehatan Menjaga kesehatan pikiran untuk hidup yang lebih berkualitas

Putar Otak
Kesehatan pikiran sangat lah penting untuk menjaga hidup tetap berkualitas dan tetap sehat. Karena dengan pikiran yang sehat lah kita bisa mengerjakan seluruh aktifitas kita dengan baik dan dengan penuh gairah positif. Melalui pikiran yang sehat kita membangun sebuah kehidupan yang berkualitas. 

Kita dapat menerima perubahan yang terjadi dengan tetap berpandangan positif, menciptakan hubungan antar sesama secara harmonis, mewujudkan kemampuan kreatif melalui kerja, dan tentu saja menikmati hidup ini dengan lebih bermakna.

Berikut ini adalah tips sehat untuk menjaga pikiran tetap sehat : 

1. Milikilah gaya hidup yang sehat 
Cukupkan istirahat. Berolahragalah secara teratur.Perhatikan jam kerja anda. Jauhi hal-hal yang membuat diri anda cepat usang, misal, alkohol, merokok, bekerja tak kenal lelah, begadang sepanjang malam. Dengan demikian anda merawat tubuh sekaligus pikiran anda sebaik-baiknya.

2. Ciptakan hubungan yang baik dan sehat dengan sesama anda 
Hubungan yang sehat selalu berlandaskan saling dukung, kasih sayang, dan memaafkan. Percayakah anda bahwa salah satu cara mengatasi stres adalah berhubungan dengan orang-orang yang kita cintai? Ini membuat hidup terasa indah. Dengan berhubungan secara hamonis kita menjaga pikiran positif kita pada lingkungan, pergaulan, dan kehidupan secara keseluruhan.

3. Arahkan pikiran ke hal - hal yang baru dan positif
Saat pikiran sedang mentok, karena terlalu banyak hal yang harud dipikirkan, cobalah alihkan ke hal - hal lain yang membuat pikiran tidak tetap fokus hanya pada satu masalah. Tetapi arahkan ke hal - hal lain yang bisa mengalihkan pikiran sehingga pikiran bisa lebih rileks dan segar. Air yang mengalir akan mengalir dengan lancar jika tidak ada penghambat yang menghalangi

4. Bekerjalah dengan sangat sangat sebaik mungkin
Kita menemukan makna peran kita di kehidupan ini dengan bekerja, berkarya dan berupaya mewujudkan sesuatu penuh daya cipta. Orang yang bekerja adalah orang yang optimis bahwa segala sesuatu dalam hidup ini selalu bergerak menuju perbaikan dan penyempurnaan. Hanya orang yang berpikiran sehatlah yang mampu memberikan hasil kerja yang positif.

5. Maafkan lah dan sadarilah bahwa pikiran kita terbatas 
Pikiran bukan satu-satunya alat untuk jawaban semua persoalan. Seringkali kita harus mengerahkan kemampuan imajinatif, atau intuitif kita dalam memutuskan sesuatu. Dengan menyadari keterbatasan pikiran, anda justru menyehatkan pikiran anda sendiri.

6. Bermain, tertawa, dan milikilah selera humor 
Orang yang matang secara kejiwaan ditandai dengan kemampuannya untuk mengembangkan humor yang sehat dan tertawa. Hidup ini tidak cukup dipandang terlalu serius. Tertawalah lebih serius lagi. Pertahankan kebugaran pikiran anda dengan bermain, bersenang-senang, dan menikmati keindahan.

7. Berdoa 
Terakhir, jangan takut untuk menyendiri dan merefleksikan diri anda melalui kegiatan berdoa, meditasi, atau relaksasi. Istirahatkan pikiran anda, temukan keheningan dan ketentraman melalui kegiatan ini. Anda bisa menemukan kekuatan baru di sana yang bukan untuk melemahkan pikiran anda, namun untuk kejernihan pikiran anda.

Sumber : http://drhasto.blogspot.com
  1. Makanan yang menambah ketajaman daya ingat
  2. Kesehatan Vs Pikiran yang sedih

0 comments:

Post a Comment