Monday, March 19, 2012

Tips Motivasi cara menambah pengetahuan kita

Topik kali ini yakni sharing tentang bagaimana cara untuk menambah pengetahuan dari berbagai sumber informasi. Menambah pengetahuan disini maksudnya adalah menambah pengetahuan yang benar - benar ingin kita tambahkan untuk meraih kesuksesan.

Berikut di bawah ini adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menambah ilmu wawasan kita secara mudah, murah dan cepat.

1. Belajar lah di berbagai Perpustakaan
Begitu banyak perputakaan yang bisa kita masuki secara gratis tanpa dipungut bayaran seperti misalnya perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, perpustakaan masjid, perpustakaan umum daerah, perpustakaan negara, dan lain-lain. Kita bisa membaca sepuas hati kita di dalam perpustakaan susuai dengan banyaknya waktu yang kita miliki dan mungkin bisa juga kita bawa pulang ke rumah untuk dibaca di rumah setelah menjadi anggota perpustakaan.

2. Belajarlah Lewat televisi dan Pesawat Radio
Kita juga bisa belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Ada banyak acara televisi, acara radio, vcd, dvd, bd, program komputer dan permainan video game yang bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan. Dengan bermain video game berbahasa asing pun kita akan dipaksa untuk belajar bahasa tersebut.

3. Belajarlah dari Internet
Internet sangat banyak menawarkan informasi yang penting dan bermanfaat, saat ini ada banyak sekali materi belajar yang bisa kita pelajari di internet sesuai dengan mudah. Berbagai macam bentuk materi seperti artikel, dokumen pdf, buku elektronik, online radio, suara, gambar hingga video bisa dengan mudah kita dapatkan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan kita. Ada komunitas-komunitas yang bisa kita masuki dan kita mintakan jawaban atau pandangan mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dapat memuaskan rasa ingin tahu kita.

4. Menyerap Ilmu Seseorang
Dari banyak melakukan obrolan dengan orang lain pun bisa kita kembangkan untuk menyerap ilmu lawan bicara kita. Dari mulai omongan ringan biasa lalu kemudian kita singgung sesuatu yang dia sukai dan dia kuasai yang belum kita pahami sehingga dengan demikian akan terjadi diskusi yang mengarah pada pembelajaran secara langsung dari seseorang yang mengerti kepada yang belum mengerti. Tidak harus topik kaku seperti fisika, akuntansi, bahasa indonesia dan lain sebagainya, tetapi bisa juga topik yang menyenangkan seperti berita terbaru, hobi, karir, bisnis, tips, dan lain sebagainya.

5. Pinjam Media Belajar Orang Lain
Jangan ragu-ragu untuk meminjam buku-buku, cd-cd, game-game, dan lain sebagainya yang isinya bisa menambah wawasan kita. Jangan sungkan juga untuk meminjam bahan belajar yang lebih muda dari kita yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Coba ingat-ingat siapa yang kita kenal dekat yang suka belajar juga. Tetapi jangan sampai lupa untuk mengembalikan barang yang telah kita pinjam hehe....

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan kita shingga mencerdaskan kehidupan bangsa (#mantab hehehe...). Sumber Organisasi.org

0 comments:

Post a Comment