Thursday, March 8, 2012

Tips kesehatan cara menghidari influenza


Tips kesehatan kali ini adalah membahas tentang bagaimana cara untuk menghidari influenza. Memang ada banyak cara untuk menghindari influensa atau setidaknya kita bisa mencegah penyakit influensa meyerang tubuh, diantaranya:
  1. Vaksin flu. Bagi lansia dianjurkan untuk mendapatkan suntikan vaksin flu selama musim flu datang. Namun, tidak semua jenis virus bisa ditangkal dengan vaksin flu. 
  2. Minumlah yang banyak karena air berfungsi untuk membersihkan racun.
  3. Hiruplah udara segar secara teratur terutama ketika dalam cuaca sejuk
  4. Jauhkan diri dari udara dingin. Tubuh akan lebih mudah terserang flu karena udara dingin akan menjadikan ketahanan tubuh menjadi lemah sehungga tubuh kian rentan untuk gampang terserang virus influensa.
  5. Hindari pergi ke tempat-tempat keramaian. Selagi musim hujan, dan banyak orang sedang sakit flu, sebaiknya tidak bepergian ke tempat-tempat keramaian kalau tidak perlu sekali. Kalau bisa ditunda sebaiknya tidak mengunjungi pasar tradisional, supermarket, mal, bioskop, terminal, stasiun, ruang tunggu puskesmas, rumah sakit, sekolah, ruang pesta. Di tempat-tempat orang berkerumun, virus flu, termasuk jenis virus lain, terbang bertebaran di udara, dan hidung kita menghirup udaranya.
  6. Kurangi rokok dan alkohol. Kedua jenis zat ini berpotensi menurunkan ketahanan tubuh. Merokok ”melukai” selaput lendir saluran napas, sehingga menjadikan saluran napas lebih rentan dimasuki virus. Ruangan yang berasap rokok, memperlemah kondisi saluran napas orang-orang yang menghirupnya juga (passive smoker).
  7. Basuh tangan dengan sabun. Tangan dan jemari bisa menjadi sumber pemindahan virus yang melekat dari lingkungan tempat kita melakukan aktivitas, seperti kantor, sekolah, dan kamar kecil di tempat-tempat umum. Studi tentang ini sudah dikerjakan sewaktu SARS mewabah dulu.
  8. Cukup tidur dan tidak begadang. Salah satu ancaman penyakit yang banyak menimpa orang sekarang sering sebab kekurangan waktu jeda. Sudah letih di kesibukan siang hari, malamnya sering kurang waktu tidur. Alih-alih sempat tidur siang, tidur malam juga sering tak memadai.
  9. Komsumsi yoghurt. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumi 200 ml yoghurt rendah lemak per hari mampu mencegah 25% peluang terkena influensa dikarenakan yoghurt mengandung banyak laktobasilus.
Sumber :http://info-sehat-dewasa.blogspot.com/2011/01/influenza.html

0 comments:

Post a Comment