Saturday, March 10, 2012

Tips Motivasi Bagi yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan

Jenjang karier
Setelah lulus dari kampus pastilah pengen dapat pekerjaan yang lebih baik gaji lebih besar dan bisa enjoy di pekerjaan yang dilamar. Memang itulah harapan semua orang, benar sekali semua orang mengharapkan kondisi ideal seperti itu. 

Berbagi pengalaman, penulis pernah mengalami begitu sulitnya mencari pekerjaan karena harus bersaing dengan begitu banyak orang dari berbagai kemampuan dan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Puji Tuhan akhirnya penulis mendapatkan sebuah pekerjaan di perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa kontraktor mechanical dan sipil.

Setelah mendapatkan pekerjaan dan bekerja dengan semangat, nah kemudian di tengah perjalanan kerja karena masih muda dan masih pengen mendapatkan gaji yang lebih besar dan perusahaan yang lebih besar, maka penulis memutuskan diri untuk keluar dari perusahaan tersebut dan mencoba peruntukan mencari pekerjaan lain lagi. Nah letak penyesalannya ada disini yakni mencari pekerjaan itu tidak lah segampang dan semudah yang kita pikirkan, semuanya butuh proses dan butuh waktu yang cukup lama. Setelah menganggur dan menunggu begitu lama kemudian dapatlah pekerjaan yang benar - benar jauh dari harapan dan jauh dari apa yang sudah direncanakan. 

Ini adalah penyesalan, mau keluar tidak bisa karena ada denda yang harus dibayar, jadi terlewatlah semua peluang - peluang yang ada, hari - hari berlalu dan usia pun bertambah, dengan adanya pengalaman seperti ini maka penulis menyarankan kepada para pembaca yang masih baru lulus dan baru meniti karir, mulai dari sekarang milikilah jiwa dan karakter berikut ini supaya anda sukses di masa depan anda :
  1. Miliki motivasi untuk bekerja ( Walaupun anda pengen jadi pengusaha, namun anda harus memiliki jiwa pekerja keras ) 
  2. Kemudian setelah anda mendapat pekerjaan, jangan lah terlalu mudah untuk pindah - pindah pekerjaan, namun setialah dengan pekerjaan anda, dan berusahalah untuk menikmatinya hingga anda bisa expert dan berkelas di bidang tersebut ( Kalau anda pindah - pindah maka anda akan tetap di kelas yang sama) 
  3. Milikilah jiwa bersyukur, dan cukupkan dirimu dengan apa yang ada ( jika ada keinginan untuk memiliki uang banyak, ingin membantu keluarga, mintalah ke pada Tuhan semua yang tidak mampu anda kerjakan, tetaplah bekerja dan bekerja ) 
  4. Miliki mentalitas penolong : artinya anda harus memiliki mental untuk menolong banyak orang dalam bekerja, membantu perusahaan anda untuk maju dan berkembang, karena orang besar adalah orang yang memberikan kontribusi besar bagi banyak orang. 
  5. Hiduplah sederhana, miliki gaya hidup sederhana, jangan membandingkan dirimu dengan orang - orang lain di sekitar mu supaya tidak ada iri hati
  6. Hasil dari pekerjaan mu ada di tangan Tuhan, makanya berserahlah kepadanya, berdoalah andalkan Tuhan, jangan kuatir.
  7. Tetap miliki semangat untuk maju, bekerjalah seakan anda tidak membutuhkan gajinya, namun anda sedang berkarya dan membantu orang lain sebanyak-banyaknya.
  8. Jaga kesehatan anda, dengan hidup sederhana dan hidup teratur
  9. Ikuti aturan yang berlaku, jangan mencoba untuk cheating namun bersikaplah jujur,jujurlah pada diri anda dan orang lain, dengan sikap jujur ini anda akan lebih rileks dan bersemagat.
Semoga share pengalaman ini bermanfaat yah sobat2, salam sukses. Jangan lupa komentarnya, jika memang perlu berkomentar. Thanks

0 comments:

Post a Comment