Wednesday, March 7, 2012

Tips kesehatan manfaat bakteri probiotik pada Yogurt, Susu dan keju

Dari berbagai tips kesehatan belakangan ini banyak produk makanan yang diiklankan memiliki kandungan probiotik atau bakteri baik. Manfaatnya, dikatakan mampu menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Biasanya, bakteri probiotik ditambahkan dalam makanan seperti yogurt, susu, keju, dan suplemen. Namun faktanya, beberapa penelitian menunjukan bahwa manfaat bakteri probiotik atau bakteri baik tersebut lebih banyak lagi. 

Berikut antara lain kebaikannya;
  • Menurunkan Kolesterol
Yogurt dengan kandungan probiotik Lactobacillus reuteri, ternyata mampu menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Kanada terhadap pasien dengan tingkat kolesterol tinggi, menunjukkan penurunan 9% dalam waktu 6 minggu konsumsi.
  • Menyehatkan Gigi dan Gusi
Probiotik Lactobacillus reuteri dan Bifidobacterium dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dalam mulut yang membuat kesehatan gigi dan gusi terganggu.
  • Menurunkan Kecemasan
Pada mereka yang mengkonsumsi makanan dengan bakteri probiotik di dalamnya, tingkat kecemasan yang mereka alami ternyata jauh lebih rendah dibanding yang tidak mengkonsumsi.
  • Jauh dari ISPA
Infeksi Saluran Pernafasan Atas atau ISPA ternyata juga mampu dikurangi resikonya hingga 12% jika seseorang rutin mengkonsumsi yogurt. Ini berarti penyakit seperti flu, batuk dan pilek juga jauh. Sumber : Sidomi.com

0 comments:

Post a Comment