Thursday, March 1, 2012

Penyebab penyakit diabetes melitus

Penyakit yang sering menyebabkan kencing ini merupakan penyakit kelainan metabolis yang disebabkan oleh faktor simtoma berupa hiperglisemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Dan dapat mengakibatkan defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya dan defisiensi transporter glukosa.
Penyakit ini disebabkan ketika tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau tidak sama sekali memproduksi insulin untuk mempertahankan kadar gula darah normal/sel tidak merespon tepat insulin yang diproduksi. Ada dua jenis tipe berdasarkan penyebab diabetes mellitus.

Penyebab
- Tipe 1
Pada tipe ini produksi insulin sedikit atau tidak ada sama sekali. Prevalensi dalam hasil penelitian membuktikan hanya sekitar 10-20 % seluruh penderita diabetes tergolong dalam tipe pertama ini. Pada umumnya orang yang memiliki tipe yang satu ini biasanya berumur muda (hal ini dikarenakan keturunan) selanjutnya akan bertambah kronis seiring berjalannya waktu. Hal ini juga disebabkan dari faktor lingkungan seperti mungkin infeksi virus atau faktor gizi pada masa kecil atau remaja yang menyebabkan sistem antibody menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas. Apa pun penyebabnya, pada diabetes mellitus tipe 1, 90 persen dari sel-sel penghasil insulin (sel beta) dari pankreas rusak dengan permanen. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kekurangan insulin yang parah. Hal ini menyebabkan seseorang dengan tipe I ini harus secara teratur menyuntikkan insulin.

- Tipe 2
Dalam tipe yang satu ini kondisi pankreas terus memproduksi insulin, terkadang sampai lebih tinggi dari normalnya. Akan tetapi, tubuh mengembangkan resistansi terhadap efeknya, sehingga pada tipe ini penyebab diabetes mellitus bukan disebabkan kekurangan insulin. Sel-sel pada tubuh seharusnya berfungsi mengubah glukosa menjadi energi akan tetapi malah tidak mengenal fungsinya dengan baik. Diabetes tipe II bisa terjadi pada anak-anak dan remaja tetapi biasanya dimulai setelah usia 30 dan menjadi semakin parah bila terus berlanjut tanpa pengobatan. Umur penderita pada tahap ini rata-rata sekitar 15 % di atas usia 70. Obesitas (kegemukan) adalah faktor risiko untuk diabetes tipe ini, 80-90% orang dengan penyakit ini mengalami obesitas.

0 comments:

Post a Comment