Thursday, March 1, 2012

Manfaat berolahraga sepeda


Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang sangat baik bagi tubuh sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Kita sering sekali melihat orang pagi - pagi sudah berolahraga sepeda.
Sepeda awalnya ditemukan pada abad ke - 19 di Eropa. Kemudian sepeda mulai menyebar sampai Amerika Serikat dan sekarang telah dikenal diseluruh dunia. Bersepeda disebut sebagai berolahraga karena manfaat sepeda itu sendiri yang tidak sedikit.

Mengenai manfaat bersepeda ini, dalam suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di Negara Jerman membuktikan bahwa seseorang yang melakukan olahraga bersepeda secara rutin dengan kecepatan 1-15 km/jam minimal satu jam setiap hari lebih kebal terhadap penyakit flu daripada orang yang tidak melakukan olahraga bersepeda, karena metabolisme tubuh orang yang bersepeda lebih terjaga dan staminanya juga lebih baik.

Kamu bisa buktikan manfaat dari bersepeda ini ketika kamu sedang sakit punggung, kalau kamu bisa bersepeda setiap hari secara rutin, makan sakit punggung kamu perlahan - lahan akan hilang. Mau tahu kenapa? Karena nyeri pada bagian punggung umumnya diakibatkan lempengan disc pada tulang punggung kurang terlatih sehingga tulang punggung sulit untuk mendapat nutrisi yang cukup. Dengan bersepeda, maka lempengan itu akan bergerak dan terlatih kinerjanya.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari bersepeda. Saya akan sebutkan manfaat dari bersepeda yang saya tahu :

  • Bersepeda dapat membuat tubuh menjadi berenergi dan menjaga bentuk tubuh.Hal ini dikarenakan ketika kita bersepeda, kita melakukan beberapa gerakan yang dapat membentuk, mengencangkan, dan menguatkan serta mengurangi lemak pada otot paha, betis, serta panggul.
  • Manfaat selanjutnya yaitu untuk mengurangi selulit yang ada di paha kamu.Bahkan gerakan bersepeda juga dapat menghilangkan stress di daerah lutut hingga pergelangan kaki seperti halnya ketika kita berjalan atau melakukan senam aerobik.
  • Bersepeda juga bisa untuk mempelancar darah kamu, serta memperlancar penyebaran nutrisi ke seluruh otot kamu.
  • Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit.Penyakit seperti diabetes bisa di cegah dengan bersepeda karena bersepeda menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Yang tak kalah penting, bersepeda juga bisa untuk mencegah penyakit jantung dan mengurangi stress. 
Sumber

0 comments:

Post a Comment