Thursday, March 15, 2012

Cerita lucu Uang 1000 dan uang 500 yang diberikan oleh seorang tukang cukur rambut

Disuatu daerah tinggal lah seorang pria yang memiliki usaha cukur rambut, setiap hari dia bekerja sebagai pencukur rambut. Disana ada seorang anak namanya bejo, yang selalu datang ke tempat cukur pria tersebut. Beginilah kejadian yang hampir setiap hari terjadi. 

Suatu hari, seorang pengusaha sedang memotong rambutnya pada tukang cukur yang berdomisili tak jauh dari kantornya. Tiba-tiba mereka melihat ada seorang anak kecil berlari-lari dan melompat-lompat di depan mereka. Tukang cukur berkata, "Itu Bejo, dia anak paling bodoh di dunia!"
"Apa iya?" tanya sang pengusaha keheranan.
Lalu tukang cukur memanggil si Bejo. Ia merogoh kantongnya dan mengeluarkan uang koin bernilai 1000 dan 500, lalu memanggil anak itu. "Bejo, kamu boleh pilih. Ambil salah satu uang ini, terserah kamu mau pilih yang mana. Ayo nih!"
Bejo melihat ke tangan tukang cukur dimana ada uang koin 1000 dan 500, lalu dengan cepat tangannya bergerak mengambil uang yang bernilai 500.
Tukang cukur dengan perasaan benar dan menang segera menoleh kepada sang pengusaha dan berkata, "Benar kan yang saya katakan tadi? Bejo itu memang anak terbodoh yang pernah saya temui! Sudah tak terhitung berapa kali saya lakukan tes seperti itu tadi dan ia selalu mengambil uang logam yang nilainya paling kecil."
Setelah sang pengusaha selesai memotong rambutnya, di tengah perjalanan pulang dia bertemu kembali dengan Bejo.
Karena merasa penasaran dengan apa yang dia lihat sebelumnya, dia pun memanggil Bejo lalu bertanya, "Bejo, sewaktu tukang cukur menawarkan uang koin 1000 dan 500, kok kamu malah ambil uang yang 500? Kenapa enggak ambil yang 1000? Nilainya kan lebih besar dua kali lipat dari yang 500?"
Bejo pun berkata, "Kalau begitu, saya tidak akan dapat lagi uang 500 setiap hari. Karena tukang cukur itu selalu penasaran kenapa saya tidak ambil yang nilainya seribu. Kalau saya ambil yang 1000, berarti permainannya akan selesai...!"

0 comments:

Post a Comment