Monday, February 13, 2012

Tips Mendulang Uang Lewat Blog Bahasa Indonesia

Selamat Pagi Sobat Blogger..

Waktu pertama kali ngeblog pasti sobat pernah nih terlintas pertanyaan seperti ini "Gimana sih caranya dapet duit dari ngeblog? Blog gue pake bahasa Indonesia, bisa nggak dapet dollar?"


Hayyo,,ngaku aja,pasti pernah kan ?? hee..saya juga sering bertanya seperti itu,bahkan sampai sekarang,terkadang masih terlintas pertanyaan diatas..untuk itu,postingan kali ini saya mau share apa saja yang bisa kita lakukan dengan blog bahasa indonesia supaya bisa menjawab petanyaan diatas.

Berikut adalah beberapa Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia yang barangkali bisa sobat pertimbangkan :

1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Domestik.
Saat ini setidaknya sudah ada 5 pelaku bisnis PPC domestik di Indonesia yang terbaik,yaitu KlikSaya.com, KumpulBlogger, Adsensecamp, IndoFad, Indoiklanppc dan SITTI. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, sobat bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog.

2. Menampilkan Iklan PPC Asing
Pilihan kedua adalah menampilkan iklan PPC asing. Sejak tanggal 1 Februari 2012, Google Adsense sudah bisa ditampilkan di blog berbahasa Indonesia. Dengan menampilkan iklan PPC di blog  (ya, blog berbahasa Indonesia pun bisa), sobat akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah klik dari pengunjung blog.Selain google adsense masih bidvertiser dll.Dengan catatan untuk PPC asing carilah yang telah mensupport bahasa indonesia.


3. Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing
Ada banyak sekali program affiliasi yang bisa sobat ikuti. Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner link affiliasi berukuran 125X125 di bagian Sponsor blog sobat bisa menjadi pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia. Jika pengunjung blog melakukan pembelian melalui banner link affiliasi tersebut, sobat akan mendapatkan sejumlah komisi.

4. Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik
Selain program affiliasi asing, saat ini juga sudah banyak program-program affiliasi domestik yang bisa sobat manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog.

5. Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi sobat)
Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang ingin sobat promosikan di blog. Akan lebih baik lagi jika  sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang akan dipromosikan. Program affiliasi Amazon.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa sobat review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog, tulis reviewnya dan jika pembaca blog sobat melakukan pembelian produk,sobat  akan mendapatkan sejumlah komisi.

6. Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain monetisasi blog berbahasa Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu (dalam bahasa Inggris) dan akan mendapatkan komisi atas review yang sobat tulis. Ya, blog berbahasa Indonesia (untuk beberapa program paid review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com) pun bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review. Bahkan jika blog sobat memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review. Saat ini sobat juga bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com.

7. Menampilkan Google Adsense for Search
Selain iklan PPC, sobat bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog. Pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang sobat inginkan.

8. Menjual Text Link Ads
Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog. Dengan menjual link, yang sobat lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog sobat. Semakin tinggi link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog sobat, semakin mahal harga link yang bisa ditawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa diikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

9. Menjual Spot Iklan Mandiri
Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog sobat adalah pilihan lain monetisasi blog berbahasa Indonesia yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog sobat cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil.

10. Menjual Jasa Keahlian Anda
Jika sobat memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian sobat melalui blog. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian yang sobat miliki.

11. Menjual Produk Digital Karya Anda Sendiri
Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika sobat memiliki keahlian tertentu yang bisa dijual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog  adalah sebuah pilihan yang brilian.

12. Menjual Produk Fisik Karya Anda Sendiri
Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa sobat promosikan dengan memanfaatkan blog.

13. Menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain
Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga bisa menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Sekedar misal, jika sobat kebetulan tinggal di daerah wisata (Bali atau Yogyakarta misalnya), sobat bisa menawarkan kerjasama dengan biro travel atau hotel-hotel kecil sekelas Melati untuk mempromosikan jasa mereka melalui blog dengan imbalan komisi tertentu.

Okey,cukup sekian sob..silahkan sobat tambahkan sendiri,karena pasti masih banyak lagi peluang - peluang yang bisa dihasilkan lewat ngeblog..selamat berburu dolar lewat Blog..Happy Bloging..

0 comments:

Post a Comment