Thursday, February 23, 2012

Cara menjaga kesehatan tubuh

Tips kali ini adalah BAGAIMANA MENJAGA STAMINA TUBUH DI MUSIM HUJAN?
Pada kondisi cuaca hujan biasanya akan sangat mengganggu kesehatan kita, musim hujan atau musim pancaroba sangat mempengaruhi stamina tubuh. mengapa demikian ?
  • Penyakit yang disebabkan virus seperti flu, demam berdarah, diare dan muntah.
  • Penyakit yang disebabkan bakteri dan parasit, ter-utama di daerah yang airnya meluap sehingga bakteri dan   parasit dari septic tank atau kotoran hewan terangkat dan hanyut. Mengkontaminasi air dan bahan makanan seperti sayur, dan menginfeksi manusia, menyebabkan penyakit seperti diare, disentri, cacingan.
  • Penyakit yang disebabkan jamur, karena kelembab-an pada pa kaian yang tidak bisa dikeringkan dengan baik, menyebabkan jamur kulit seperti di selangkangan, sela jari kaki, lipatan payudara.
TIPS SEHAT DI MUSIM HUJAN
Sehat di musim hujan akan sangat bermanfaat sekali magi kita yang sibuk dengan banyak pekerjaan, sehingga kita bisa lebih leluasa dalam menjalankan aktifitas kita.
  1. Usahakan melakukan pemanasan badan dengan olahraga ringan pada pagi hari. Sedikit stretching, jalan cepat, loncat-loncat sudah akan membuat sedikit berkeringat&menghangatkan badan.
  2. Sediakan sepatu, kaos kaki (pria), stocking (wanita) ekstra di kantor sehingga kaki tidak perlu basah. Lebih praktis lagi kalau sepatu kantor hanya dipakai di kantor. Waktu pergi dari rumah gunakan sepatu lain atau bahkan sandal yang mudah dikeringkan sehingga sam pai di kantor, sesudah dikeringkan supaya tidak bau, tinggal disimpan dalam kantong kedap air dan tertutup jadi tetap rapi kalau disimpan di baw ah meja kerja. 3.
  3. Banyak minum air hangat, bisa diberi sedikit jahe tanpa gula atau pepermint, beberapa tetes jeruk nipis/lemon. Ini akan membantu menghangatkan badan dan mengurangi rasa lapar. Minum kopi atau teh akan memacu buang air kecil lebih banyak sehi ngga menyebabkan kekurangan cairan yang tidak disadari.
  4. Sediakan buah seperti pisang, apel/pear/mangga yang sudah dikupas, jeruk yang sudah ranum dalam kotak plastik ringan untuk disantap sewaktu-waktu lapar. Ini akan menghindarkan kelebih-an masukan karbohidrat dari tepung seperti roti, nasi, biskuit, crackers, gula, kelebihan garam dan lemak.
  5. Jangan lupa selalu membawa payung, bahkan kalau perlu topi plastik yang biasa digunakan kalau mandi, menghindari bagian kepala terkena air hujan.

0 comments:

Post a Comment