Saturday, February 25, 2012

Penyerapan Nutrisi di dalam perut

Nutrisi
LAPISAN VILLI SEPERTI BELUDRU HALUS SEKALI, SEPANJANG USUS HALUS, YANG MENYERAP NUTRISI MELALUI MEMBRAN HALUS, MELALUI PROSES DIFUSI MASUK KE PLASMA DARAH

Sel yang membentuk tubuh manusia konon berjumlah 100.000.000.000.000 sel atau 100 triliun harus diberi makanan yang cukup untuk menjaga keseimbangan kehidupan atau berlangsungnya metabolisme secara keseluruhan tetap berlangsung.

Bayangkan nutrisi yang bagaimana dan berasal dari sumber makanan yang berapa banyak dan ragamnya.
Asupan makanan masuk dalam tubuh melalui proses pengunyahan, masuk ke lambung, dihancurkan secara kasar oleh asam lambung, bertahap masuk usus halus dilakukan proses penghalusan, pemecahan, penyerapan sepanjang usus halus dan sisa ke usus besar menuju kepembuangan.

Anda harus membayangkan proses pencernaan ini dengan sangat baik, karena pengetahuan ini, meskipun secara garis besar akan merupakan hal yang sangat penting untuk dapat dipahami sebagai dasar hakekat untuk menjaga dan memelihara keseimbangan kesehatan atau sebagai titik tolak management menjaga kesehatan dan memperbaiki berbagai penyakit.

Titik tolak kesehatan adalah asupan makanan yang harus memenuhi syarat kesehatan, dalam jumlah yang secukupnya sesuai situasi kebutuhan, kombinasi asupan berpH.basa, agar tubuh terjaga tingkat keseimbangan pH.berbasa cukup, tidak rentan penyakit dan menjadikan tubuh mempunyai tingkat immunitas cukup tinggi.

Asupan berbagai makan pada dasarnya akan diambil zat nutrisi tertentu melalui proses penyerapan, melalui difusi suatu proses karena perbedaan tekanan dari dua tempat, zat-zat atau partikel halus tertentu diserap menembus  melalui membran tipis halus disepanjang bulu halus pada permukaan usus kecil dan diserap oleh aliran darah kapiler, yang halus yang melaluinya, sebagai nutrisi yang akan diangkut bersama oksigen dibawa kesekian banyak sel tubuh yang membutuhkannya.

Banyak hal penting yang dapat dikupas dari peristiwa penyerapan ini yang sangat penting untuk diketahui dan kita amati dengan baik;
  1. hanya bentuk zat tertentu seperti nutrisi tertentu, lemak, gula, vitamin, mineral, air, cairan, zat tertentu, yang dapat diserap menembus membran diambil oleh aliran darah melalui pembuluh kapiler yang halus sekali dalam jumlah yang tak terbatas, untuk dibawa dan diproses ke sel yang sekian banyak sebagai bahan nutrisi.
  2. sebagian dari bagian yang telah dicerna halus, ternyata hanya sebagian yang paling kecil pula diantaranya yang terpilih untuk diserap, tetapi sebagian terbesar termasuk yang sudah dihancurkanpun yang tidak dapat diserap, harus dibuang berupa tinja.
  3. hal ini menunjukkan suatu pemikiran bahwa kita harus memanfaatkan makanan berupa makanan sehat tetapi cukup terbatas, mengkombinasikan mengkonsumsi berbagai makanan berserat untuk menghalangi penyerapan nutrisi tertentu yang tidak kita kehendaki, memperpendek proses penyerapan atau memperpanjang proses penyerapan dalam hubungan kebutuhan penyerapan nutrisi, untuk mempertimbangkan berbagai aspek mendapat manfaat kesehatan atau menghindari apa yang seharusnya dihindarkan.
  4. Membatasi asupan makanan/minuman tertentu ber-pH.asam dengan mengkombinasikan asupan makanan atau minuman ber-pH.basa, sehingga secara keseluruhan akan menaikkan  keseimbangan pada tingkat pH. basa yang semakin meningkat dan kesehatan yang terjaga atau terpelihara secara maksimal.
  5. menjaga asupan bagi keseimbangan proses kehidupan mesin tubuh atau metabolisme agar tetap stabil, dengan memperhatikan pada kebutuhan yang tepat waktu dan jumlah yang cukup, tidak sembarang atau berlebihan yang akan menjadikan ketidakseimbangan dan kebiasaan yang buruk.
Ternyata dengan memahami proses mencerna, membuahkan sesuatu yang luar biasa, bahwa kita dapat memahami hakekat penyebab berbagai penyakit, mencegahnya, mengobatinya, terutama menjaga dan memelihara kesehatan, yang akan kita bahas kemudian.
      Sekarang kita menjadi mulai mengerti atau dapat memahami apa yang seharusnya boleh dimakan, apa yang seharusnya dibatasi dan apa yang seharusnya kita lakukan untuk memperbaiki agar situasi penyerapan dapat kita kendalikan dengan lebih baik, lebih bijak, sehingga tidak berdampak menjadi rentan-nya kesehatan kita.
      Management kesehatan dapat kita susun bagaimana merencanakan, mengatur berbagai macam bentuk asupan, mengkombinasikan konsumsi makanan dan mengontrol kesehatan tetap dalam keseimbangan yang terkendali.
      Masa pertumbuhan adalah masa dimana kita membutuhkan asupan nutrisi yang banyak sesuai situasi pertumbuhan, tetapi dengan semakin menua kita, dimana tidak kita memerlukan pertumbuhan, hanya menjaga dan memelihara, maka asupan nutrisi akan semakin berkurang, sesuai dengan kegiatan kita, yang memang memerlukan lebih sedikit nutrisi.
     Jadi masa tua jangan lagi mengkonsumsi makanan dalam bentuk apapun secara berlebih, sesuai kemampuan tubuh yang memang cukup menampung dalam jumlah terbatas, sehingga tidak memicu kegemukan, kelebihan nutrisi tertentu yang memicu ketidakseimbangan, menyebabkan berbagai penyakit.
      Memang daya beli dan kemampuan finansiil mungkin dapat untuk membeli semua bentuk kenikmatan, tetapi kemampuan tubuh ternyata tidak mampu menyesuaikan dan akibatnya terjadi overcapacity berbagai hal, yang pasti berakibat buruk dan tidak menyenangkan karena bertumpuknya penyakit.
      Kita harus menyadari batasan kemampuan kita dan kebutuhan kita mengkonsumsi yang sudah berkurang, sehingga selalu sadar untuk membatasi konsumsi agar sangat terbatas terutama untuk asupan yang jelas-jelas akan mengganggu kesehatan, tetapi sebagai gantinya kita dianjurkan mengkonsumsi makanan berupa buahan dan sayuran, makanan berserat yang cukup membuat kita merasa kenyang, menekan nafsu makan, tetapi membatasi nutrisi yang berlebihan.
      Kelak kita bahas bersama sehingga mendapat pengertian yang sangat baik untuk kita dapat secara bijak menjaga kesehatan kita.

0 comments:

Post a Comment