Tuesday, February 21, 2012

Pencegahan sakit pinggang dengan posisi gerak yang benar

Posisi gerak tubuh yang salah akan mengakibatkan kita sakit pinggang dan sakit punggung. Hal ini bisa terjadi secara terus - menerus karena posisi gerak yang selalu salah.

# Posisi yang benar untuk kondisi berikut ini :

Posisi Duduk
Bila duduk di kursi gunakan kursi yang keras dan letakkan tulang belakang anda secara lurus pada sandaran kursi. Usahakan salah satu atau kedua lutut anda lebih tinggi dari pinggul

Tidur
Bila tidur gunakan kasur yang tidak terlalu empuk. Jangan tidur dengan posisi telungkup, namun jika posisi tidur anda miring, bengkokkan lah kaki anda pada bagian lutut dan pinggang.

Berdiri
Berdirilah dengan bagian bawah belakang anda luru, jika berdiri dalam waktu yang lama gunakan sandaran kaki, dan jangan menggunakan sepatu yang datar.

Setir Mobil
Saat menyetir mobil gunakanlah kursi yang keras dan duduklah pada posisi yang baik dengan jarak yang tepat dengan pedal di kaki anda.

Mengangkat barang 
Tekuk pinggul dan lutut belakang anda, usahakan barang yang diangkat dekat dengan anda, jangan mengangkat barang yang berat diatas pinggang anda.

Olahraga
Berolahraga merupakan salah satu teknik terbaik bila dilakukan dengan teratur, lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke latihan atau olahraga yang berat.

Bila sakit/nyeri datang anda dapat meminum obat pereda nyeri golongan NSAIDs (Piroxicam 20 mg minum 2 x sehari atau Ibuprofen 200 mg minum 3 xsehari) - minum obat ini harus sesudah makan dan lakukan istirahat secukupnya. Berdasarkan fakta diantara semua penderita Low Back Pain ini hanya 5% yang memerlukan tindakan operasi. Bila nyeri tidak mereda setelah minum obat dan istirahat cukup,harap segera memeriksakan diri ke dokter anda. 

0 comments:

Post a Comment