Sunday, February 12, 2012

Penggunaan CSS


CSS atau Cascading Style Sheet adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. Dengan kata lain Css adalah merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.


Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.

Kini CSS sendiri sudah berkembang hingga CSS level 3, dan beberapa fitur dari CSS level 3 adalah berkaitan dengan perbatasan dan latar belakang.  Ini mencakup dan memperluas fungsionalitas dari CSS level 2 [CSS21], Yang dibangun pada CSS level 1 [CSS1]. Sedang Ekstensi utama dibandingkan dengan tingkat 2 adalah perbatasan yang terdiri dari gambar, kotak dengan beberapa latar belakang, kotak dengan sudut bulat dan kotak dengan bayangan.

Banyak fungsi dan fitur baru yang menarik dari CSS3. Beberapa browser berbasis WebKit, seperti Safari dan Chrome, dan Opera sudah mendukung Transisi CSS3 pada Mentransformasi CSS3. CSS3 ini memberikan kecepatan yang lebih cepat terlihat untuk halaman web dengan konten dinamis, dan bergulir lebih halus. Fungsi dan fitur dari CSS3, kini sudah banyak digunakan untuk membuat dan membangun beberapa bagian dari halaman web.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan CSS, yang bisa kita gunakan untuk mengatur tampilan sebuah web :
- CSS Backgrounds
- CSS Teks
- CSS Font
- CSS Link
- CSS Daftar / list
- CSS Box Model
- CSS Border
- CSS Border Radius
- CSS Margin
- CSS Padding
- CSS Dimensi

Ok,,selamat membaca,semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment