Friday, January 13, 2012

Berikut ini manfaat minum teh bagi kesehatan

Minum teh ternyata bukan hanya sekedar tradisi di negara Jepang. Dibalik upacara minum teh tersebut ternyata mengkonsumsi minuman teh hijau banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, beberapa manfaat dari meminum teh :

Mengurangi resiko kanker kulit

Mampu mencegah penurunan system kekebalan tubuh karena radiasi sinar ultra violet (UV), yang dipercaya sebagai penyebab timbulnya kanker pada kulit.

Mencegah Pertumbuhan Kanker, jantung , stroke, prostat

Senyawa antioksidan di dalam teh yang disebut polyphenol misalnya, diketahui memiliki kemampuan melawan kanker. Senyawa yang sama juga memberi efek positif berupa pencegahan penyakit jantung dan stroke.

Banyak terdapat kandungan vitamin

Ternyata daun teh juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E, maka teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin E-nya bertindak sebagai antioksidan dan menunda penuaan. Vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan influenza.

Memperkuat gigi dan mencegah osteoporosis

Karena teh banyak mengandung fluoride yang dapat memperkuat gigi serta dapat mengurangi pembentukan plak dengan mempengaruhi kerja bakteri di mulut, dan fluoride juga baik untuk melawan osteoporosis.

Dan ternyata masih banyak lagi manfaat yang terdapat dalam secangkir teh.

Namun bukan berarti minum teh tidak ada aturannya, ilmuwan di Jepang menyarankan untuk meminum teh hanya minimal 5 gelas sehari. Dan segala sesuatu yang berlebihan itu ada kalanya tidak baik juga. Karena bila berlebihan tentu saja ginjal dan liver kita akan bekerja keras untuk mengurai senyawa tersebut didalam tubuh, yang memungkinkan dapat merusak fungsi ginjal dan liver kita. (*/http://adf.ly/4iVxe)

0 comments:

Post a Comment