Tuesday, July 14, 2009

Humor Ringan.....Berbahasa inggris memang susah...buat sebagian

PM MoriSebelum melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke negara Amerika Serikat untuk bertemu Barack Obama, Perdana menteri Jepang Mori diberikan kursus singkat bahasa inggris oleh para translator , entah kenapa orang sekelas Perdana Menteri kok baru belajar bahasa Inggris , mungkin karena cintanya kepada bahasa negeri sendiri / nasionalisme orang jepang yang sangat tinggi.

Singkat cerita Perdana menteri Mori diberikan petunjuk kilat percakapan ketika berjabat tangan dengan Barack Obama di ruangan rapat khusus AS-Jepang nanti oleh tim translator sebelum acara dimulai.

"Ketika anda berjabat tangan Dengan Mr. Barack Obama, anda cukup berkata " how are you?" kata team translator menjelaskan, kemudian Mr. Barack akan menyambut anda dengan "I'm Fine, and you?", lalu anda tinggal bilang "me too". setelah itu semua perbincangan akan menjadi tugas kami, yang mulia, kata translator kepada Perdana menteri. Perdana Menteri Mori pun mengangguk tanda setuju.

Ketika semua anggota senat AS dan dewan kehormatan negara Jepang berkumpul di ruangan rapat, tiba saatnya kedua pemimpin negara hadir dan berjabatan tangan.

Ketika berjabatan tangan P.M. Mori sedikit lupa tentang apa yang telah di ajarkan sebelumnya :

Mori : " who are you ? "

Obama : " ??...well I'm michelle's husband,.... ha-ha"

Mori : " hahaha...me too.."

spontan suasana ruang rapat menjadi hening untuk beberapa saat.

0 comments:

Post a Comment