Sunday, February 17, 2013

Khasiat air tajin dan bekatul untuk penyakit maag

Kesibukan yang menggila, lupa waktu makan, ditambah dengan makanan yang terlalu asam atau pedas sering menjadi pencetus bagi sakit atau gejala maag. Jika Anda adalah salah seorang penderita maag yang tak kunjung sembuh cobalah dua cara pengobatan alternatif yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebelum pergi ke dokter.

Caranya gunakan air tajin yang dihasilkan saat memasak nasi. Sisihkan air tajin kemudian campurkan gula jawa. Minum air tajin manis ini dalam keadaan hangat pada pagi atau sore hari. Lakukan secara teratur dan jika diiringi dengan perbaikan pola makan, niscaya gejala maag akan hilang dengan berangsur-angsur.

Tapi jika sakit maag Anda sudah tergolong berat, mungkin air tajin sudah tidak mampu mengatasinya. Cobalah bekatul atau  selaput biji beras. Meskipun umumnya diberikan pada unggas seperti ayam, nilai gizi bekatul jangan dianggap remeh. Apalagi khasiat pengobatannya!

Untuk atasi gangguan lambung dan sistem pencernaan, Anda bisa konsumsi bekatul dengan teratur. Bekatul sangat aman untuk alat-alat cerna manusia karena manis cita rasanya, derajat pH-nya juga netral sehingga bisa dikonsumsi penderita gangguan maag. Ia bekerja melalui meridian lambung. Tak hanya itu, seratnya juga memperbaiki kinerja pencernaan. (*berbagai sumber/ http://adf.ly/4cE7i)

0 comments:

Post a Comment