Tuesday, April 3, 2012

Tips Memelihara Burung Pleci

Burung Pleci - Burung Pleci merupakan burung kesukaan saya, suara burung pleci ini pasti terdengar disekitar rumah saya. Meskipun burung pleci terlihat kecil dan mungil, namun saya cukup menyukai burung ini. Bila dilihat-lihat burung ini menggemaskan sekali, saking menggemaskannya pasti ada aja anak kecil yang menusuk-nusukan lidi ke burung pleci ini. Pertama dulu saya memelihara burung kutilang dan lainnya. Namun tidak tau kenapa saya lebih suka dengan burung pleci yang kalau dilihat hanya mungil, begitu juga suaranya. Bukan hanya saya yang suka burung pleci, banyak sekali para pecinta burung yang suka juga dengan burung pleci ini. Meskipun kecil tapi burung pleci mempunyai suara yang merdu, dan bila sudah bagus burung ini bisa menirukan suara burung lainnya.

Burung Pleci

Burung Pleci

Burung Pleci - Tips-tips terkait Burung Pleci.
Tips Perawatan Burung Pleci
  • Jaga kebersihan sangkar/kandang burung pleci.
  • Sesekali berikan makanan kroto untuk menambah asupan gizi.
  • Berikan juga makanan buah seperi pisang, pepaya, tomat, dll
  • Mandikan dengan cara disemprot setiap pagi dan sore. Bila perlu sediakan cepuk yang cukup besar disangkarnya agar sewaktu-waktu bisa mandi sendiri.
  • Untuk makanan berupa pisang saya menyarankan memberinya pisang kepok. Karena pisangnya sedikit bertahan lama alias tidak mudah busuk, juga nantinya kotoran burung pleci mudah dibersihkan.
  • Bersihkan kandang setiap hari demi menjaga kesehatan burung.
  • Jika ada lebih dari satu burung pleci saya menyarankan untuk menjauhkannya antara satu dengan yang lain. Agar kicauan burung tidak saut-sautan saat berkicau. Jika ada burung lain mungkin malah lebih bagus, agar burung pleci bisa menirukan suara burung lainnya.

Tips Memilih Burung Pleci.
  • Body panjang dan besar
  • Paruh tebal dan panjang
  • Mempunyai lingkaran putih mata yang tebal
  • Pastikan burung pleci lincah
  • Yang paling penting pastikan burung tidak cacat

Tips membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina.
  • Burung Pleci Jantan mempunyai lingkar mata yang lebih tebal dan tajam ketimbang betina.
  • Pleci Jantan warna hijaunya lebih tajam ketimbang betina.
  • Bisa juga di lihat kloaka/duburnya dengan cara di tiup kalau lebih menonjol berarti jantan.

Burung Pleci - Perawatan burung pleci sebenarnya hampir sama dengan yang lainnya. Tidak terlalu istimewa, namun jika diurus dengan benar dan telaten mungkin burung pleci ini bisa istimewa buat kita. Nah mudah-mudahan sedikit info tentang burung pleci ini bisa bermanfaat buat kalian para pecinta burung pleci ini.

0 comments:

Post a Comment